2. Tentang Mengkafani Jenazah


MENURUT ALKITAB/BIBEL, TERNYATA YESUS MATI DIKAFANI DAN DIKUBURKAN TIDAK PAKAI PETI. BAHKAN KUBURAN YESUS TIDAK DIBETON, TAPI HANYA DILETAKKAN SEBUAH BATU DIATASNYA SEBAGAI TANDA. AKAN TETAPI UMAT KRISTEN JUSTRU MATINYA PAKAI JAS, PAKAI SEPATU, DIHIASI SERAPIH MUNGKIN MELEBIHI SEORANG PENGANTIN SAAT BERADA DI PELAMINAN, PAKAI PETI DAN KUBURNYA DIBANGUN SEPERTI RUMAH KECIL DAN MEWAH. PERHATIKAN AYAT ALKITAB/BIBEL:

 MARKUS 15:46 YUSUF PUN MEMBELI KAIN LENAN, KEMUDIAN IA MENURUNKAN MAYAT YESUS DARI SALIB DAN MENGAPANINYA DENGAN KAIN LENAN ITU. LALU IA MEMBARINGKAN DIA DIDALAM KUBUR YANG DIGALI DIDALAM BUKIT BATU. KEMUDIAN DIGULINGKANNYA SEBUAH BATU KE PINTUI KUBUR ITU

CATATAN : KETIKA YESUS MATI, MAYATNYA JUGA DISEGERAKAN UNTUK DIKUBUR WALAUPUN BARU MATI BEBERAPA JAM. TAPI UMAT KRISTIANI, SERING MAYAT ITU DIBIARKAN SAMPAI BEBERAPA HARI SAMBIL MENUNGGU KELUARGANYA YANG JAUH UNTUK MENENGOKNYA.

UMAT ISLAM BILA MATI , DISUNNAHKAN MAYATNYA HARUS DISEGERAKAN MENGUBURKANNYA, DIKAFANI, DAN TIDAK PAKAI PETI. BAHKAN KUBURAN UMAT ISLAM DISUNAHKAN MENARUH BATU DIATASNYA & TANPA DIBETON. INI BERARTI MATINYA UMAT ISLAM SAMA SEPERTI MATINYA YESUS. SEBAGAIMANA MANUSIA LAHIR TANPA BAWA APA- APA, DEMIKIAN PULA JIKA MATI TIDAK ADA YANG DIBAWA MENGHADAP ALLAH, BEKALNYA HANYALAH IMAN DAN TAQWA SERTA AMAL SHALEH YANG PERNAH DIA KERJAKAN SELAMA HIDUPNYA DIDUNIA. JADI BUKAN PENAMPILAN FISIK YANG AKAN DILIHAT ALLAH, TAPI AMAL PERBUATANNYA SELAMA DIA HIDUP DI DUNIA, ITULAH YANG AKAN DIBAWA MATI DAN AKAN DIPERTANGGUNGJAWABKAN KEHADAPAN ALLAH.

 TENTANG YESUS MATI DIKAFANI TIDAK PAKAI PETI, BUKAN HANYA DITULIS OLEH MARKUS, TAPI SEMUA “INJIL” MENULIS YESUS MATI DIKAFANI & TIDAK PAKAI PETI. SILAHKAN BACA:

MATIUS 27:59-60 DAN YUSUFPUN MENGAMBIL MAYAT ITU, MENGAPANINYA DENGAN KAIN LENAN YANG PUTIH BERSIH, LALU MEMBARINGKANNYA DI DALAM KUBURNYA YANG BARU, YANG DIGALINYA DI DALAM BUKIT BATU, DAN SESUDAH MENGGULINGKAN SEBUAH BATU BESAR KE PINTU KUBUR ITU, PERGILAH IA.

LUKAS 23:53 DAN SESUDAH IA MENURUNKAN MAYAT ITU, IA MENGAPANINYA DENGAN KAIN LENAN, LALU

MEMBARINGKANNYA DI DALAM KUBUR YANG DIGALI DI DALAM BUKIT BATU, DI MANA BELUM PERNAH DIBARINGKAN MAYAT.

YOHANES 19:40 MEREKA MENGAMBIL MAYAT YESUS, MENGAPANINYA DENGAN KAIN LENAN DAN MEMBUBUHINYA DENGAN REMPAH-REMPAH MENURUT ADAT ORANG YAHUDI BILA MENGUBURKAN MAYAT.

 MAKSUD SEMUA AYAT TERSEBUT IALAH MENGABADIKAN BAHWA YESUS MATI DIKAFANI TIDAK PAKAI PETI, TAPI SAYANGNYA TIDAK ADA UMAT KRISTEN YANG MENELADANI YESUS, MALAH JUSTRU UMAT ISLAM-LAH YANG MENGAMALKANNYA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s