13 Alasan Mengapa Harus Masuk Islam


Oleh : Insan LS Mokoginta (Mantan Katolik)/Peraih Mualaf Award 2006

PENGANTAR PENULIS

ALHAMDULILLAH PUJI SYUKUR KAMI PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS KARUNIA DAN BIMBINGAN- NYA SEHINGGA BUKU SAKU INI BISA KAMI SELESAIKAN DALAM WAKTU RELATIF SINGKAT. SHALAWAT, SALAM SERTA BAROKAH KEPADA JUNGJUNGAN KITA BAGINDA RASULULLAH MUHAMMAD SAW.

BUKU INI SENGAJA KAMI TERBITKAN DALAM BENTUK KECIL, SEBAGAI BAHAN KAJIAN KRISTOLOGI PRAKTIS,

DISAMPAIKAN DALAM SATU KALI PERTEMUAN.

KARENA BEGITU BANYAKNYA PERMINTAAN, MAKA BUKU INI KAMI CETAK KEMBALI UNTUK YANG KE LIMA KALI. DAN BUKU INI TELAH MENGALAMI PERUBAHAN ATAU SEDIKIT PENAMBAHAN MATERI. KALAU DAHULU JUDULNYA “10 ALASAN MENJADI PENGIKUT YESUS YANG SETIA HARUS MASUK ISLAM”, MAKA KARENA ADA SEDIKIT PENAMBAHAN MATERI, MAKA JUDULNYA BERUBAH JADI “13 ALASAN MENCINTAI YESUS, HARUS MASUK ISLAM.”

SEBENARNYA MASIH CUKUP BANYAK ALASAN LAIN YANG INGIN KAMI MASUKKAN DALAM BUKU INI UNTUK MEMBUKTIKAN BAHWA MENJADI PENGIKUT YESUS YANG SEBENARNYA, MAKA JALAN SATU-SATUNYA HARUS MASUK ISLAM !!!

MENGKAJI TENTANG YESUS, ALKITAB (TAURAT, ZABUR & INJIL), BUKAN MENCAMPURI AGAMA LAIN, TETAPI MERUPAKAN SESUATU YANG SANGAT PANTAS & PERLU DIKETAHUI OLEH SETIAP MUSLIM. KENAPA? SEBAB YESUS (NABI ISA AS) ADALAH NABI UMAT ISLAM YANG SANGAT DIMULIAKAN DALAM AL-QUR’AN. JUGA KITAB TAURAT, ZABUR & INJIL ADALAH KITAB YANG BANYAK DISEBUT-SEBUT DALAM AL-QUR’AN SEBAGAI KITAB YANG HARUS DIIMANI OLEH SELURUH UMAT ISLAM. SEBAB ITU, MENGKAJI KRISTOLOGI MERUPAKAN BAGIAN DARI ISLAMOLOGI. KENAPA? SEBAB AL-QUR’AN BANYAK MENYINGGUNG TENTANG KEBERADAAN YESUS (ISA AS), TAURAT, ZABUR & INJIL DLL.

BUKU KECIL INI AKAN MENUNTUN KITA SEMUA UNTUK MENGETAHUI BAHWA SESUNGGUHNYA SEMUA AJARAN ALLAH & AJARAN YESUS “YANG BENAR” DALAM ALKITAB TIDAKLAH BERTENTANGAN DENGAN AL-QUR’AN MAUPUN AJARAN NABI MUHAMMAD SAW, KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA NABI MUHAMMAD SAW ADALAH PENERUS AJARAN NABI ISA AS.

OLEH SEBAB ITU, MENGKAJI TENTANG YESUS (NABI ISA AS) DAN ALKITAB, BUKAN MERUPAKAN SUATU HAL YANG TABU. KARENA ALKITAB YANG ASLI SUDAH TIDAK ADA LAGI DAN UMAT KRISTEN MENGANGGAP ALKITAB YANG ADA DITANGAN MEREKA ADALAH ASLI FIRMAN ALLAH, MAKA KITA UMAT ISLAM TIDAK ADA PILIHAN LAIN UNTUK MEMILIH KITA YANG ASLI. KARENA TIDAK ADA PILIHAN YANG LAIN, MAKA MARILAH KITA BUKTIKAN APAKAH ALKITAB YANG ADA DITANGAN MEREKA ITU DAPAT DIBUKTIKAN KEBENARANNYA ATAU TIDAK? JIKA TERBUKTI ALKITAB MEREKA BENAR-BENAR WAHYU ALLAH, UMAT ISLAM TIDAK BOLEH MENGINGKARINYA, BAHKAN WAJIB MENGIMANINYA. AKAN TETAPI JIKA TERBUKTI ALKITAB TERSEBUT TELAH MENGALAMI PERUBAHAN, TENTU TIDAK ADA KEWAJIBAN UNTUK MENGIMANINYA (SEBAGAI MURNI FIRMAN ALLAH). SEBAB ITU, SANGATLAH WAJAR JIKA ADA SEBAGIAN UMAT ISLAM YANG MENGKRITISI KANDUNGAN ALKITAB TSB DALAM RANGKA MENCARI KEBENARAN.

“BARANG SIAPA YANG MENCARI AGAMA SELAIN DARIPADA AGAMA ISLAM, MAKA SEKALI-KALI TIDAK AKAN DITERIMAH AGAMA ITU DARIPADANYA, DAN DI AKHIRAT DIA TERMASUK ORANG YANG MERUGI”(QS 3 ALI IMRAAN 85)

SEMOGA BUKU KECIL INI BANYAK MEMBANTU KITA DALAM MENCARI KEBENARAN YANG HAKIKI. DEMI KESEMPURNAAN BUKU KECIL INI, KRITIK DAN SARAN ANDA TENTU SANGAT KAMI HARAPKAN. MUDAH- MUDAHAN ALLAH MEMBERIKAN HIDAYAH-NYA BAGI MEREKA YANG MENCARI KEBENARAN YANG SEJATI.

WASSALAM, PENULIS

4 thoughts on “13 Alasan Mengapa Harus Masuk Islam

  1. Bisa gak di terangkan awal cerita nya tentang nabi isa as tentang awal ter jadi nya Penyalipan dan siapa yg di salip.

    • salam.. mari kita simak ayat al-qur’an berikut ini :

      dan karena ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak menyalibnya, tetapi orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa. (QS. An-Nisa’: 157)

      Lalu Siapa Yang Disalib?

      Al-Quran tidak secara tegas menyebutkan siapa yang disalib. Yang ditegaskan Al-Quran adalah bahwa yang disalib itu bukan nabi Isa ‘alaihissalam. Al-Quran menegaskan bahwa beliau telah diangkat ke sisi-Nya.

      Tetapi Allah telah mengangkat ‘Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. An-Nisa’: 158)

      Maka ada berbagai riwayat tentang siapakah orang yang disalib itu. Sebagian riwayat mengatakan bahwa yang disalib adalah murid nabi Isa yang paling mirip dengan beliau. Murid-murid beliau yang diriwayatkan berjumlah hanya 12 orang ini berebut untuk menjadi martir, mengaku sebagai nabi Isa untuk melindungi guru mereka.

      Tapi dalam riwayat yang lain, yang disalib adalah seorang yang bernama Yudas Eskariot, seorang yahudi yang diserupakan oleh Allah SWT menjadi mirip nabi Isa.

      Dan ada sekian banyak versi lainnya. Tapi lepas dari mana yang benar, yang pasti yang disalib atau dibunuh itu bukan nabi Isa ‘alaihissalam. Sehingga kepercayaan tentang penebusan dosa yang memang tidak dikenal dalam semua risalah agama samawi, jelas-jelas tidak menemukan relevansinya.

      Kepercayaan tentang penebusan dosa itu datang dari kepercayaan kuno bangsa Eropa, ketika agama ini kemudian dibawa ke sana. Atau dimasukkan oleh Paulus yang memang terlalu banyak mengubah agama ini menjadi sebuah agama baru, yang nyaris 100% terlepas dari esensi agama aslinya yang Allah turunkan.

      Bahkan seorang Micheal Hart yang bukan muslim sekali pun dengan tegas menyebutkan bahwa Paul (Paulus?) itulah sebenarnya pendiri agama Kristen dewasa ini, dan bukan nabi Isa. Karena esensi paling mendasar dari agama itu di hari ini, sudah tidak ada lagi yang sama dengan yang dibawa oleh nabi Isa.

      Dalam bukunya 100: A Ranking of the Most Influental Person in History, Michael Hart menuliskan:

      “Pengaruh Paul dalam perkembangan Agama Nasrani dapat diukur dari tiga hal. Pertama, sukses besarnya dalam penyebaran agama. Kedua, tulisan-tulisannya yang menyusun bagian-bagian penting Perjanjian Baru. Ketiga, peranannya dalam hal pengembangan teologi Kristen.

      Dari 27 buku Perjanjian Baru, tak kurang 14 dihubungkan dengan jasa Paul. Meskipun ilmuwan modern berpendapat 4 atau 5 buku dari 14 itu ditulis oleh orang lain, namun tak diragukan lagi bahwa Paul-lah orang terpenting secara pribadi menulis Perjanjian Baru.

      Pengaruh Paul di bidang teologi Kristen betul-betul tak terperikan besarnya. Ide-idenya termasuk hal-hal sebagai berikut: Isa tidak cuma nabi yang mengesankan tapi juga suci. Isa wafat demi dosa-dosa kita dan penderitaannya dapat membebaskan kita. Manusia tidak bisa melepaskan diri dari dosa-dosa hanya dengan mencoba melaksanakan perintah-perintah yang tertera dalam Injil, tapi hanya bisa dengan jalan menerima Isa sepenuh jiwa.

      Sebaliknya, apabila manusia menerima dan percaya Isa, segala dosa-dosanya akan dimaafkan. Paul juga menjelaskan doktrin-doktrinnya mengenai ihwal dosa (lihat Romans 5: 12:19).”

      Di dalam halaman lainnya, Micheal Hart menambahkan:

      “Paul, lebih dari orang-orang lainnya, bertanggung jawab terhadap peralihan Agama Nasrani dari sekte Yahudi menjadi agama besar dunia. Ide sentralnya tentang kesucian Isa dan pengakuan berdasar kepercayaan semata tetap merupakan dasar pemikiran Kristen sepanjang abad-abad berikutnya.” wallahu’alam bishawwab..

      ahmat sarwat, Lc
      source : afez.wordpress.com

    • Kenapa harus mempercayai sesuatu di luar Alquran, yang mana Alquran adalah sumber yang dikatakan pasti, satu2nya sumber yang dipercaya dari Allah? Kita ketahui Alquran yang “pasti” saja tidak menyebutkan dengan tegas siapa yang diserupakan dengan Isa saat penyaliban, padahal kita tahu bahwa Alquran selalu diklaim memberi pengetahuan sejelas2nya dan selengkap2nya, namun kenapa ketika menjelaskan tentang penyaliban saja terkesan menggantung dan seperti ragu2 tidak ada kepastian?

      Inti dari penyaliban Yesus adalah karena Dia menyamakan diri-Nya dengan Allah dengan mengatakan diri-Nya adalah Anak Allah, maka bangsa Yahudi yang menganggap diri mereka “taat” kepada Allah marah besar kepada Yesus yang dianggap menghujat Allah dengan pernyataan tersebut, karena tiada Tuhan lain selain “allah” yang ada di mata mereka. Seperti halnya umat Islam dewasa ini yang tidak bisa menerima apabila ada pernyataan bahwa Allah dapat menjadi manusia dengan kuasa dan kehendak serta rencana-Nya, bagaimanapun caranya, Dia yang Maha Kuasa dapat menjadi sesuatu yang “lemah”. Itu karena umat Islam terkekang oleh penghayatan iman sebatas apa yang ‘hanya’ tertulis dalam wahyu (Alquran) yang dianggap “pasti benar dan lengkap”. Hanya Allah yang memahami ini, kita sebagai manusia harus senantiasa merendahkan diri dan hati kita di hadapan Allah agar dapat terus belajar menerima dan meresapi hal2 yang sulit dicerna nalar kita yang apalagi dapat menyelamatkan umat manusia.

      Tentunya alasan penyaliban tersebut lebih masuk akal dan sesuai dengan sejarah pada masa itu daripada alasan apapun yang memberi versi berbeda tentang penyaliban Yesus.

      – Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6) –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s