Gara-gara Mangkuk Terjatuh, 2 Masjid Dibakar

Masjid dan beberapa bangunan  milik Muslim dihancurkan pada hari Selasa (30/04/2012) di sebuah kota dekat utara Yangoon.

 

Kyaw Khin, sekjen Federasi Muslim Myanmar, membenarkan bahwa dua masjid dan sejumlah rumah dan tempat usaha di Okkan, sebuah kota kecil sekitar 100 kilometer utara Yangoon, diserang.

“Orang-orang meninggalkan rumah mereka karena takut diserang,” katanya seperti dikutip dari Irrawaddy.org

Menurut berita televisi negara Myanmar, kekerasan dipicu setelah seorang wanita menabrak biksu muda sehingga mangkuk yang dibawanya untuk menampung sedekah jatuh ke tanah.

Wanita dan biksu muda tersebut dibawa ke kantor polisi setempat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut, hal ini menyebabkan kerumunan besar berkumpul di depan kantor polisi.
“Tak lama setelah tengah hari, massa yang marah mulai menjadi liar,” kata Aung Zaw Oo, seorang pedagang yang menjadi saksi saat kekerasan berlangsung.

“Dua masjid rusak sebagian. Peternakan unggas milik Muslim dan peternakan sapi dibakar, “. ungkapnya.
Aung Zaw Oo mengatakan ketika massa berubah menjadi kekerasan, polisi setempat berusaha mengendalikan situasi, tapi mereka kalah jumlah.
“Ketika mereka (polisi) mencoba untuk mencegah serangan di sebuah gedung, massa lain mengamuk di daerah lain,” jelasnya.
Akibatnya kejadian tersebut sepuluh orang menderita luka-luka dan saat ini pelaku kekerasan belum ditangkap oleh pihak keamanan Myanmar.[ismed/dkw]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s