15 Tips Agar Muslimah Enjoy di Tempat Kerja

Kebutuhan kreativitas, sosialisasi dan pemenuhan materi menjadi alasan kenapa perempuan memilih bekerja diluar rumah. Mungkin banyak opsi lain agar muslimah tetap kreatif dan mampu bersosialisasi selain bekerja diluar rumah. Tetapi jika mencukupi kebutuhan keluarga adalah alasan utama seorang muslimah bekerja, maka hal yang patut disyukuri ketika mereka masih diberi kesempatan untuk bekerja dan berprestasi.

Kini bukan hal yang langka muslimah bekerja di luar rumah. Baik berwirausaha atau menjadi karyawan. Namun sayangnya tidak semua muslimah menikmati perannya sebagai pekerja. Biasanya ketidaknyaman dalam bekerja dikarenakan beberapa hal, misalnya tekanan dari luar, gaji yang tidak sesuai dengan loyalitas, kejenuhan, atau pimpinan dan teman kerja yang kurang kooperatif.

Berikut beberapa tips yang dapat menambah wacana Anda, agar lebih enjoy di tempat kerja:

  1. Saatnya menetapkan visi, misi dan tujuan Anda dalam bekerja. Hal ini mendasari niat anda ketika memilih untuk memutuskan bekerja.
  2. Jangan merasa tidak puas dengan perusahaan, lalu dengan mudah mengumbar aib perusahaan ke orang lain atau membahasnya dengan rekan kerja. Percayalah ini tidak ada untungnya. Yang ada hanya akan menambah dosa. Segera carilah solusi. Komunikasikan masalah Anda dengan pihak yang mempunyai wewenang terhadap masalah Anda.
  3. Speak Up! Jika ada ide, sampaikan di forum yang tepat. Mungkin ide Anda bisa dipakai untuk memajukan perusahaan.
  4. Jika Anda seorang owner perusahaan, maka dengarkan keluhan karyawan. Karena mereka tonggak perusahaan anda. Jika tidak ada mereka, aktivitas perusahaan Anda tidak berjalan lancar.
  5. Buat target kebaikan yang akan menambah kreativitas Anda. Hal ini akan menjadi value added bagi diri Anda.
  6. Bersahabatlah dengan rekan kerja. Persahabatan akan menambah banyak manfaatnya. Coffee time after office hour, juga bisa dijadikan waktu untuk membuat pengajian kecil, sekalian me-refresh qolbu dan mempererat silaturrahim.
  7. Hindari ngerumpi, dan jangan bergosip. Jaga lisan.
  8. Jika ada masalah dengan rekan kerja, segera selesaikan. Membahas langsung dengan yang bersangkutan, akan memudahkan masalah terselesaikan. Atau jika membutuhkan pihak ketiga, carilah pihak yang bijak. Karena kita tetap butuh nasehat dari orang lain.
  9. Make over meja kerja. Rapikan file-file di meja kerja, serta bersihkan isi laci. Letakkan kalender lucu dan tempelkan potongan terjemahan ayat Al Quran jadikan sebagai quote penyemangat. Jangan lupa hiasi dengan warna-warna yang eye catching.
  10. Fashionable. Muslimah harus keren, namun tetap sesuai syariah. Memadupadankan busana, juga membuat nyaman dalam bekerja.
  11. Biasakan memberi hadiah kecil kepada teman kerja, misalnya sepotong coklat. Melihat orang lain tersenyum dapat menutrisi hati untuk lebih bahagia ditempat kerja.
  12. Memberi kado untuk diri sendiri setelah target kebaikan Anda di tempat kerja tercapai.
  13. Be Positive Thinker. Hindari berburuk sangka pada keadaan atau seseorang. Selain dilarang oleh Allah, berburuk sangka akan membuat hati terasa capek dan pikiran semakin sempit. Masalah yang kita hadapi juga semakin rumit. Maka sebaiknya tetap ber khusnudzan, bahwa selalu ada jalan keluar di kesulitan yang kita hadapi dan ada hikmah yang dapat kita ambil di setiap kejadian. So, stop buruk sangka ya.
  14. Pasang alarm waktu shalat. Shalat adalah rehat terbaik di sela-sela kesibukan. Terbasuh air wudhu, bertemu kembali dengan sajadah dan doa-doa kita, maka jiwa dan wajah akan kembali segar. Kebersihan mukena juga membuat kita bersemangat untuk beribadah. Pastikan Anda bekerja di tempat yang memberi waktu luang untuk shalat. Jika bos mulai menghitung waktu sholat anda, kompromikan atau pertimbangkan kembali keberadaan Anda disana.
  15. Hindari dan tinggalkan korupsi. Maka sebagai muslimah yang beriman dan warga negara yang baik, tanamkan pada diri untuk tidak menerima atau mengambil yang bukan hak kita. Mungkin bukan korupsi milyaran rupiah yang dilakukan anggota dewan kita, berbelanja alat kantor lalu terselip satu pinsil di tas kita saja itu sudah korupsi. Menjaga hal kecil namun berprinsip, itu akan menguatkan iman kita untuk tidak melakukan keburukan besar. Korupsi membuat hati tidak tenang. Jadi, yuk mulai budayakan bekerja jujur.

Tips diatas harus dibalut dengan Ikhlas, Sabar dan Senyum. Ikhlas ketika memulai kebaikan. Sabar ketika kebaikan mulai diapit banyak kesulitan. Senyum agar kebaikan terasa ringan untuk diistiqamahkan. Dan salah satu cara untuk menjaga kenyamanan hati dalam bekerja adalah jangan berharap penilaian dari manusia, karena manusia tak pernah adil dalam menilai. Berharaplah pada penilaian Allah yang Maha Teliti terhadap apa yang kita kerjakan. Karena segala ibadah kita tak sia-sia disisi Allah.[fmd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s