UNESCO Resmikan 18 Desember Sebagai Hari Bahasa Arab Dunia

Bahasa Arab semakin mendunia

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, UNESCO) menetapkan tanggal 18 Desember setiap tahunnya sebagai hari bahasa Arab sedunia di antara hari-hari dunia yang diperingati oleh organisasi ini.

Keputusan Dewan Pelaksana UNESCO ini ditetapkan berdasarkan permintaan kerajaan Arab Saudi dan Maroko.

Wakil Ketua Dewan Pelaksana UNESCO, Ziyad bin Abdullah Al-Durais mengatakan, dengan ketetapan ini maka mome tersebut menjadi salah satu agenda tahunan UNESCO dan akan diperingati saat tiba harinya. Al-Durais berharap negara-negara dan lembaga-lembaga Arab menggelar sejumlah aksi tahunan sesuai dengan momen tersebut. Selain itu, pihaknya juga berharap mereka membuat route map untuk memperkokoh eksistensi bahasa Arab di dunia Arab di antara anak bangsanya dan dunia lain pada umumnya.

Kelompok perwakilan negara-negara Arab di UNESCO sudah mulai mempersiapkan peringatan pertama dalam momen 18 Desember tahun ini dan melakukan peresmian slogan hari dunia pada Selasa sore.

Al-Durais menegaskan, Dewan Pelaksana UNESCO menyadari pentingnya bahasa Arab dalam menjaga peradaban manusia dan budayanya. Ia juga sebagai bahasa resmi dari 22 negara anggota UNESCO dan sebagai bahasa resmi di UNESCO. Selain itu ada lebih dari 422 juta warga Arab berbahasa Arab dan lebih dari 1,5 milyar umat Muslim membutuhkan bahasa ini.

Sebelumnya, Dewan Umum PBB dalam pertemuan rutinnya ke 28 tahun 1973 menetapkan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa resmi dan bahasa kerja di Majlis Umum dan komisi-komisi induknya, disamping bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Cina dan Rusia.

Disamping itu, disamping sebagai negara-negara Arab seluruhnya, bahasa Arab juga menjadi bahasa percakapan sebagian wilayah yang bertetangga seperti Ahwaz, Turki, Chad, Mali, Sinegal dan Ereteria.

spirit islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s