Benarkah Paus Benediktus XVI Shalat di Masjid Biru Turki Lalu Menjadi Mualaf?

Paus Benediktus XVI berdoa sambil berdiri di samping Mustafa Cagrici, Mufti Agung Istanbul, menghadap kiblat dan menundukkan kepalanya. (AFP/BBC)Paus Benediktus XVI berdoa sambil berdiri di samping Mustafa Cagrici, Mufti Agung Istanbul, menghadap kiblat dan menundukkan kepalanya. (AFP/BBC)

 – Mundurnya Paus Benediktus XVI mengundang berbagai spekulasi. Salah satu di antaranya ada kabar yang mengatakan bahwa Paus Benediktus XVI telah menjadi mualaf. Kabar tersebut beredar belakangan ini di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, serta beberapa blog, dengan diselingi beberapa foto di mana Paus Benediktus XVI mengunjungi Masjid “Blue Mosque” (Masjid Biru) di Turki. Pada foto-foto tersebut Paus Benediktus XVI dikabarkan sedang shalat. Benarkah Paus Benediktus XVI shalat di Masjid Biru Turki lalu menjadi mualaf?

Jika ditelusuri lebih jauh, Paus Benediktus XVI memang pernah mengunjungi Masjid Biru di Turki, pada tanggal 30 November 2006, ketika melawat ke Turki, negara berpenduduk mayoritas muslim. Pada saat itu, kunjungannya dipandang sebagai isyarat penghormatan terhadap Islam setelah ia membuat marah muslim dengan pernyataan-pernyataan yang terkesan kritis dalam pidatonya pada September tahun 2006 tersebut.

Mufti Besar Istanbul Mustafa Cagrici mendampingi Paus Benediktus memasuki Masjid Biru, yang dinamai secara resmi sesuai dengan nama Sultan Ahmet dan dibuka pada 1616. Dalam video di bawah ini, terlihat Paus memasuki masjid biru setelah melepaskan sepatunya. Lalu Paus terlihat berdoa dengan bibir komat-kamit dan menundukkan kepalanya berdampingan dengan mufti dan imam masjid Biru. Pada saat berdoa itulah Paus bersedekap seperti orang shalat. Namun Paus tidak melakukan takbir, rukuk, sujud, hingga salam, hanya bersedekap sambil berdiri, sebagaimana yang dapat dilihat pada video di bawah ini. Itu pun tangan kiri berada di atas tangan kanan, di mana pada shalat sesungguhnya, tangan kanan di atas tangan kiri. Jadi pada dasarnya kabar yang menyatakan Paus sedang shalat di Masjid Biru, merupakan kabar yang tidak benar. Namun demikian, isi hati orang hanya dia dan Allah SWT yang tahu.

Masjid Biru merupakan masjid terkenal di Turki dan sebuah daya tarik wisata populer. Masjid itu memiliki nama populer tersebut karena keramik-keramik biru Iznik sangat bagus di ruang shalat utamanya.

Masjid itu berdiri di Lapangan Sultan Ahmet di pusat kota tua Istanbul, yang berseberangan dengan Museum Aya Sofya yang dulu Gereja Kristen Hagia Sophia. Paus datang ke masjid itu setelah melakukan kunjungan singkat ke Aya Sofya.

Pada saat itu, Paus kelahiran Jerman tersebut sudah meredam banyak ketegangan terkait dengan kunjungannya itu, lawatan pertamanya ke sebuah negara berpenduduk mayoritas muslim, dengan mendukung upaya Ankara bergabung dengan Uni Eropa dan memuji Islam sebagai sebuah agama yang damai. (bbc/cbsnews/rit/merdeka/dakwatuna/hdn)

18 thoughts on “Benarkah Paus Benediktus XVI Shalat di Masjid Biru Turki Lalu Menjadi Mualaf?

  1. sahabat star keliatan dr profil jelas kepala besar botak licin badan kecil artix apa?elo muslim otak membualx besar,isix kosong,suka cr sensasi….emang tu muhamad pikun atau muhamad tuli ya sembayang pake teriak2…ngawur aja kau

  2. kalau memang benar paus masuk islam ya seharusnya ditikuti umamtnya, karena dia adalah mantan pemimpin salah satu agama didunia,

  3. Ngurus diri sendiri aja pusing…pake ngurusi orang lain..”̮ƗƚɑƗƚɑƗƚɑ”̮

    • hahaha… cah bagoes kalo pusing minum obat ya, atau pergi ke tempat yg nyaman,,, keluarga jg ya dikasih obat pusing… kesian ga diurusi,, habisnya urus diri sendiri terus siih…. ^^ *piiiss*

  4. Or islam jgn slalu percaya akan berita” yg memeng tdk blm teruji kebenarannya,spt Paus masuk islam???

  5. Sepertinya semua kita serahkan kpd Allah dan Hanya Allah ,Swt Yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui .

      • Kok suka ya,,,buat berita2 bohong,,,dan gampang dibohongi,,,jadi buat Tman2,,skrg ini pemberitaan melalui twiter khan banyak bohongNya,,jadi segala sesuatu jangan terlalu gampang percaya,,seperti baru baru ini,,masa Mesjid di Yogyakarta mau dijual Rp 50000000 ,- setelah diselidiki polisi,,bohong,,law intinya bagi saya agama apapun yang kita peluk kalau hati kita Ikhlas,,,berbuat kebaikan,,pasti masuk sorga !!

      • Terima kasih atas komentar dan masukkannya,, coba dilihat judulnya, trus dibaca dgn teliti isinya, jika yg anda maksud “berita bohong” sperti yg sy post diatas, berarti anda hny baca stengah atau mungkin ga baca, karna dr judulnya pun terlihat ada ‘tanda tanya’ disitu. mengenai iklan masjid itu kan sudah ketahuan siapa yg melakukannya, jd sy ga komen lah…
        jika anda seorang muslim, sy sedih membaca pernyataan anda yg intinya mengatakan semua agama sama, betulkah? ya tidaklah…!!!
        contohnya tidak mungkin sy menyamakan Tuhan sy yg satu = Tuhan yg tiga, atau lebih (baca Qur’an Surat Al-Ikhlas ya..)
        dan jika anda nonmuslim, sy rasa jk anda nonmuslim sejati, anda jg tidak suka dikatakan bahwa Tuhan cuma satu.. artinya tetap berbeda khan..
        dan kalo semua orang yg berhati ikhlas dan berbuat baik pasti masuk surga, sy katakan tidak, selama masih mempersekutukan Tuhan yang esa, Allah subhanahuwata’ala.
        sy menyarankan, jk anda muslim, bertaubatlah dr perkataan dan pemikiran demikian, tanpa anda sadari, perkataan anda adalah suatu dosa besar yg sama saja mengatakan Tuhan itu tiga atau lebih, padahal Allah swt itu satu, tidak beranak dan tidak diperanakkan.
        jk anda nonmuslim, semoga Allah swt memberikan hidayah dan menunjuki anda jalan kebenaran, yaitu jalan yg lurus, jalan yg Allah swt ridhoi, sy optimis, jk ada hamba2Nya, yg sudah berbuat baik, berhati ikhlas, berjiwa lurus, tidak mungkin disia-siakan, Allah swt akan menuntunnya mendapatkan kebenaran yg hakiki.. insya Allah.. maaf jk kurang berkenan.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s