Bosan di Rumah, Remaja Suriah Ikut Berperang

Ketika mereka baru datang, mereka hanyalah remaja biasa. Di saat mereka menyelesaikan pelatihan, mereka telah berubah menjadi mesin pembunuh. Remaja Suriah dilatih menjadi tentara oleh pihak oposisi untuk ikut melawan pasukan rezim pemerintah Bashar al-Assad.
Beberapa dari mereka mengikuti latihan secara sukarela karena mengaku merasa bosan di rumah.

“Sekarang sudah tidak ada pria dewasa tersisa sehingga hanya anak-anak yang tersisa untuk dilatih. Saya melatih mereka untuk tidak takut perang dan tak segan membunuh lawan,” seorang pejuang oposisi Suriah, Abdel Razzaq.
Razzaq berpendapat tentara anak-anak kadang kala lebih baik daripada tentara dewasa. Tentara anak-anak dianggap lebih patuh menjalani perintah atasan daripada tentara dewasa.
“Anak-anak adalah jenis tentara yang terbaik. Mereka mematuhi semua perintah yang diberikan. Tentara dewasa kadang-kadang mempertanyakan keputusan atasannya, namun tidak begitu dengan tentara anak-anak,” pungkas Razzaq, seperti dikutip AFP  dikutip Okezone, Rabu (6/2/2013).
Anak-anak yang dilatih Razzaq sendiri tidak menjadi tentara karena terpaksa. Kebanyakan dari mereka memang ingin ikut serta dalam pertempuran setelah mendengar cerita-cerita dari anggota keluarganya yang lebih tua.

“Saya bosan harus berada di rumah dan menunggu ayah serta saudara saya pulang untuk mendengarkan cerita mereka di medan pertempuran. Saya juga ingin ikut serta dalam pertempuran,” ujar seorang anak yang ikut pelatihan bernama Musab.
Ayah Musab sendiri merasa bangga dengan keputusan putranya yang masih berusia 14 tahun itu. Ia yakin Musab dapat menjadi tentara yang sangat baik.
Fenomena tersebut pun juga diketahui oleh petugas PBB yang mengawasi jalannya konflik di Suriah.
“Tidak seperti di tempat lain, para tentara anak di Suriah sama sekali tidak dipaksa dan mendaftar secara suka rela,” ujar petugas PBB, Jean Nicolas Beuze.
Namun Beuze menganggap walaupun dilakukan secara sukarela, menggunakan tentara anak dalam konflik tetaplah suatu hal yang salah. Beuze menyebut para pemimpin pejuang oposisi harusnya menolak anak-anak dan menyuruh mereka kembali ke rumah.[acw]

4 thoughts on “Bosan di Rumah, Remaja Suriah Ikut Berperang

  1. Kalau soal kejahatan HAM maupun Kejahatan Perang tidak mengenal SARA. Sunni sama Sunni perang, ada juga yang oknum pasukan yang “biadab”. Syiah sama Syiah juga sama. Katholik sama Katholik juga sama kaya Spanyol Vs Portugal sehingga Paus turun tangan. Kristen sama kristen juga sama, ada di luar batas kemanusiaan…So, perang itu bukan soal SARA, tapi soal kekuasaan, kaya parpol kita juga ada yang sama-sama Muslim, jegal-jegalan juga….

  2. Sayidina Ali R.A. ikut perang pada usia 9 tahun bersama Muhammad S.A.W., melawan kaum kafir Quraisy……Subhannallah.

    Anak-anak di Suriah masih muda belia ikut perang dan membunuh….sesama Muslim, ya Allah berikan kedamaian di Bumi Suriah…Amien

    • ya Allah berikan juga kedamaian di indonesia…
      sy senang sekali artikelnya banyak dikomentari… ^^ terima kasih
      ingat ketika perang melawan nabi palsu ‘musailamah al kadzaab’, bukankah banyak pengikutnya yg jg muslim tp dianggap telah murtad karna meyakini ada nabi lagi setelah nabi muhammad saw.
      nah bagaimana jika ada seorang yg suka mencaci, menghujat sahabat-sahabat nabi abu bakar, umar, dll, kemudian menjadikan pemimpin mereka sebagai tuhan yg layak mereka sembah dan sujud, yg terjadi di suriah lebih dahsyat dr yg anda tonton di tv, bagaimana satu keluarga dikumpulkan dalam satu rumah, kemudian dibakar, bagaimana seorang anak kecil digantung dan ditelanjangi, bagaimana pemuda-pemuda ditembaki dan dipenggal, bagaimana perempuan-perempuannya diperkosa dan disiksa, apakah harus diam saja, tunduk dan menyerah, itupun kalo beruntung dibiarkan hidup. coba dibaca-baca lagi yg banyak, apa yg terjadi disuriah sebenarnya. wallahu’alam bishawwab..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s