Film Animasi The Simpsons Mengolok-olok Tuhan


trqoot.deviantart.com

Serial animasi kondang The Simpsons tersandung masalah di Turki. Gara-gara mengolok-olok Tuhan dan mengajak anak anak muda untuk menenggak alkohol di salah satu serinya, televisi swasta Turki dihukum denda.

♦♦♦

Dewan Tertinggi Radio dan Televisi Turki(RTÜK) memberikan hukuman denda kepada saluran televisi swasta Turki CNBC-E dengan nilai total denda sebesar 52.951 Liras atau 22.700 Euro. CNBC-E, seperti dilaporkan Hurriyet Daily, telah menayangkan sebuah episode dari sitkom animasi “The Simpsons” di mana pada episade itu Tuhan diperlihatkan berada di bawah komando Iblis.

RTÜK mengatakan sanksi dikenakan karena CNBC-E secara langsung maupun tidak langsung telah “mengolok-olok Tuhan, sehingga mendorong anak-anak muda untuk melakukan kekerasan dengan menunjukkan pembunuhan sebagai perintah Tuhan dan mendorong mereka untuk minum minuman beralkohol pada malam Malam Tahun Baru.”
“Salah satu karakter dalam episode itu telah melecehkan kepercayaan agama tertentu. Dan pada episode itu Injil secara terbuka dibakar dalam salah satu adegan serta Tuhan dan Iblis ditunjukkan berada dalam tubuh manusia, “kata laporan RTÜK.
Dalam adegan lain, Tuhan menyajikan kopi kepada Iblis, yang hal itu dapat dianggap sebagai penghinaan terhadap agama tertentu, menurut laporan, yang menjelaskan motif di balik hukuman denda.
Menurut RUTK, kesimpulan itu terekam dalam satu adegan ketika Homer, satu karakter utama dalam The Simpson, memuja setan dengan memberikannya secangkir kopi. Satu adegan lain digambarkan ada karakter yang mendorong orang lain melakukan pembunuhan dengan menyebut nama Tuhan.
Kolumnis Mehmet Yilmaz mengaku bisa menebak lelucon apa yang disampaikan melalui “The Simpson” tentang Turki. “Mungkin Homer bakal memiliki tetangga muslim,” kata dia seperti dikutip middle-east-online.com, Senin (3/12).
►►►
The Simpsons” sendiri adalah serial sitkom animasi terpanjang di AS dan masih bertahan sampai saat ini. Penggemar ‘The Simpsons‘ mungkin sudah tidak asing dengan Springfield, kota yang menjadi latar belakang tempat serial kartun tersebut. Tapi apakah kota ini benar-benar ada? Matt Groening, pencipta ‘The Simpsons’ akhirnya membuka mulut setelah 23 tahun merahasiakannya.
Setelah 23 tahun serial kartun ‘The Simpsons‘ mengudara, akhirnya Matt Groening, pencipta karakter keluarga The Simpson, membuka rahasia seputar serial tersebut.
Dalam wawancara di majalah Smithsonian edisi Mei, ia mengatakan nama Springfield, kota yang menjadi latar belakang dalam cerita tersebut, diambil dari sebuah kota yang bernama sama di Oregon, Amerika Serikat. Kota tersebut juga terletak tidak jauh dari kota asal Matt di Portland.
Ia terinspirasi untuk mengangkat kota Springfield dari sebuah acara TV di tahun 1950-an yang berjudul ‘Father Knows Best’. “Springfield adalah salah satu nama kota yang umum ditemukan di Amerika Serikat. Saat itu, saya berpikir mungkin The Simpson bisa sukses jika berlokasi di kota bernama Springfield, dan ternyata memang benar,” ujar Matt.
Salah satu tokoh ciptaan Mark, Homer J. Simpson, yang digambarkan sebagai seorang pecandu donat, dengan istrinya, Marge, dan anak-anak mereka, Bart, Lisa, dan Maggie, yang menjadi salah satu ikon budaya populer, telah memenangi 27 penghargaan Emmy Awards.
Tidak hanya itu, keluarga Simpson juga telah tercatat dalam ‘Hollywood’s Walk of Fame’. Bahkan, ungkapan ‘D’Oh’ masuk ke dalam kamus terbitan Oxford pada 2011.
Nama-nama tokoh dalam keluarga The Simpsons diambil dari nama-nama keluarga Matt sendiri. Tapi, khusus nama Bart, ia mengganti namanya, ‘Matt’, menjadi ‘Bart’, karena dia menganggap nama tersebut lebih lucu kalau digunakan oleh seorang ayah yang sedang marah.  Alamat Keluarga Simpson di kartun tersebut, yakni 632 Evergreen Terrace, juga diambil dari alamat rumah tempat Matt dibesarkan.[jhu]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s