Foto-foto: Gambar dari Satelit, Penghancuran Muslim Rohingya

Sebuah citra satelit menunjukkan betapa penyerangan terhadap etnis Muslim Rohingya di Myanmar tidak hanya menewaskan warga muslim tetapi juga menghancurkan seluruh desa tempat mereka bermukim.
Penyerangan tersebut terjadi pada Rabu (24/10/2012) dilakukan oleh warga Buddha terhadap Muslim Rohingya atau biasa juga dikenal dengan sebutan Rakhine. Laporan sebelumnya mencatat jumlah orang tewas mencapai 112 orang hingga Jumat (26/10/2012). Namun, selama periode 21 hingga 25 Oktober, media pemerintah menyebutkan jumlah yang tewas mencapai 67 orang, 95 luka-luka dan lebih dari 3.000 bangunan hancur.
Presiden Myanmar Thein Sein mengakui bahwa citra satelit tersebut menunjukkan adanya kekerasan terhadap Muslim Rohingya dan menghancurkan desa mereka.
Citra satelit tersebut, sebagaimana ditampilkan Daily Mail menunjukkan gambar wilayah yang berwarna putih. Itu menunjukkan bahwa rumah-rumah mereka sudah hancur. Sebelum penyerangan terjadi, citra staelit juga menunjukkan wilayah tersebut rumah. Namun, setelah kerusuhan semuanya berwarna putih yang menunjukkan tidak ada lagi permukiman di sana.

Citra satelit yang diambil gambarnya oleh Human Rights Watch 24 jam setelah penyerangan terjadi. Lokasinya berada di sebuah wilayah di dekat pantai di Kyauk Pyu. Human Rights Watch mencatat sedikitnya 811 bangunan hancur, terdiri dari 633 bangunan dan 178 rumah perahu serta bangunan mengapung lainnya. Luas penghancuran itu mencapai 35 acre. [ACW]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s