Perokok Itu Buta Huruf

MEKKAH, – Dai kondang Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym dalam ceramah di depan sekitar 100 jamaah haji khusus di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (23/10/2012), mengatakan, perokok itu buta huruf.

Aa Gym di hotel penginapan para jamaah haji yang masing-masing membayar sekitar Rp 90 juta rupiah sebagai ongkos naik haji itu, menceritakan seorang karyawan pabrik rokok suatu ketika menanyakan kepada pemilik pabrik rokok, mengapa seluruh keluarga bosnya itu tidak merokok.

Pertanyaan itu dijawab sang bos, karena merokok berbahaya bagi kesehatan manusia. Bahaya rokok seperti yang tertulis di bagian bungkus rokok bahwa merokok dapat membahayakan jantung, paru-paru, gangguan janin, dan juga dapat menyebabkan terjadinya impotensi.

Kalau bapak tahu rokok membahayakan kesehatan, mengapa bapak memproduksi rokok, tanya karyawan itu lagi. Bosnya menjawab, rokok itu hanya diperuntukkan kepada orang yang buta huruf.

Jamaah travel Zaskia yang dikunjungi anggota DPR-RI Komisi VIII pimpinan Jazuli Juwaini Sabag itu pun tertawa. Sebagian lainnya senyum-senyum mendengar ceramah Aa Gym usai shalat berjamah yang juga diikuti empat anggota DPR.

Aa Gym juga menceritakan agar jamaah tidak lupa berdoa, ikhlas, ridho, dan selalu melakukan evaluasi diri atas kekurangan masing-masing.

“Mintalah kepada Allah dan berserah dirilah kepada-Nya, karena hanya berkat pertolongan-Nya menyembunyikan masa lalu kita, kita semua dapat terlihat seperti ini,” lanjutnya.

Ia kemudian menceritakan bahwa pada satu ketika, seorang pria berdoa agar kepadanya cepat diberikan jodoh.

Usai berdoa ia berjalan. Saat di jalan kakinya digigit anjing. Lelaki itu bertanya-tanya, mengapa peristiwa digigit anjing itu terjadi, padahal ia baru saja berdoa kepada Allah.

“Eh ternyata jodoh dia rupanya dengan seorang suster rumah sakit, tempat ia dirawat saat kakinya digigit anjing itu,” kata Aa Gym, disambut tawa para jamaah.

Pada akhir ceramahnya, Aa Gym mendoakan agar semua jamaah haji Indonesia yang kini berjumlah lebih dari 211.000 orang menjadi haji yang mabrur.

Jamaah haji Indonesia saat ini sedang berada di Mekkah, dan bersiap-siap memasuki Arafah untuk melakukan wukuf pada 25 Oktober 2012.[MD]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s