Hoax Cincin Kawin Syahadat Obama

Tiga pekan lagi pemilihan umum untuk menentukan siapa calon presiden Amerika Serikat selanjutnya akan digelar.

Selain mencermati debat para calon presiden dan wakil presiden, publik Amerika kini dihebohkan dengan masalah cincin kawin Barack Obama, yang katanya membentuk tulisan Arab, “Tidak ada Tuhan Selain Allah.”World Net Daily (WND) sebuah agen berita online konservatif, hari Rabu kemarin melaporkan bahwa cincin kawin yang dipakai Presiden Obama bertuliskan kalimat pertama dari dua kalimat syahadat, tulis Al Arabiya (12/0/2012).
Saat dihubungi Al Arabiya edisi bahasa Inggris, Gedung Putih menolak untuk memberikan komentar atas kabar tersebut.

Joel Gilbert, seorang pakar Timur Tengah produser film dokumenter yang mempertanyakan sertifikat kelahiran dan siapa ayah Obama sebenarnya, adalah orang yang pertama menyita perhatian publik terkait masalah cincin kawin presiden AS berkulit hitam pertama itu.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan WND, Mark Gabriel penulis “Journey inside the Mind of Islamic Terrorist” mengkonfirmasi bahwa cincin kawin Obama itu memang syahadat Islam.

Gabriel menjelaskan, kata-kata “Tidak ada Tuhan” tertulis di bagian atas dan “selain Allah” di bagian bawah.

Media online konservatif TheBlaze.com mewawancarai Dr Ali Asani, profesor bidang budaya dan agama Indo-Muslim di Universitas Harvard, untuk meminta komentarnya tentang cincin kawin yang dipakai Obama tersebut.

“Saya tentu harus melihatnya jauh lebih dekat untuk melihat apa sebenarnya bacaannya,” kata Asani.

Sebagaimana diketahui, sebagian orang Amerika meyakini bahwa Obama adalah penganut Islam meskipun dia telah menegaskan bahwa dirinya adalah penganut Kristen.

Cuma Hoax

Redaksi Hidayatullah.com menyimpan link berita

di HuffingtonPost.com yang ditulis Anya Strzemien yang dulu memuat foto cincin kawin Obama. Cincin itu, tulis Strzemien, tidak seperti cincin kawin pria pada umumnya yang polos. Cincin itu ternyata lebih stylish (bergaya) dan merupakan desain emas Indonesia. Link berita itu sekarang masih bisa diakses dan tercatat diposting pertama tanggal 18 Maret 2010 dan diperbaharui tanggal 25 Mei 2011, namun dalam URL tertulis di folder 2009/10/29 (alamat URL berita tersebut : (http://www.huffingtonpost.com/2009/10/29/barack-obamas-indonesian_n_339069.html).

Menurut pengumpul cerita-cerita kabar bohong (hoax) yang dimuat dalam urbanlegend.about.com, motif yang diklaim sebagai syahadat dalam cincin kawin Obama tidak lain hanyalah sebuah desain abstrak.
Dalam artikel berjudul “Hi-Res Image of Barack Obama’s Wedding Ring” David Emery menampilkan foto oleh Miguel Villagran (Getty Images) tertanggal 5 Juni 2009, yang menunjukkan motif cincin tersebut dalam resolusi tinggi.

“Sebagaimana anda bisa lihat dalam ilustrasi viral di sebelah kanan, seseorang telah bekerja dengan sangat telaten untuk menjadikannya terlihat persis seperti huruf Arab sehingga cocok dengan bentuk abstrak pada muka cincin Obama,” tulis Emery.

Tidak hanya memaksakan bentuknya agar terlihat seperti tulisan Arab, orang tersebut juga menggunakan resolusi rendah pada fotonya sehingga terlihat kabur, kata Emery.

Dalam tulisan lanjutannya berjudul “Were Obama ‘Allah’ Ring Images Photoshopped?” Jerome R Corsi, yang menulis tentang cincin Obama di WND menyatakan, Joel Gilbert yang pertama kali menyimpulkan bahwa cincin itu bertuliskan syahadat, menjelaskan bahwa penyesuaian yang dia lakukan atas foto dari laporanHuffington Post tahun 2010 itu hanya mengurangi resolusinya sekitar 50 persen.

Barack Obama dikawinkan dengan Michelle Robinson oleh pendeta Jeremiah A Wright Jr pada malam 3 Oktober 1992 di Trinity United Chruch of Christ. Cincin yang dipakai Michelle bentuknya tradisional, sementara yang dipakai Obama merupakan cincin desain Indonesia, tempat di mana ia tinggal saat masih kanak-kanak, tulis sebuah laporan New York Times (26/10/2009).

Berdasarkan foto-foto lawas Obama ketika masih muda yang bertebaran di internet, cincin itu terlihat sering dipakai.

Saat pertama kali dulu foto cincin kawin Obama dulu muncul, yang dbahas hanyalah bahwa cincin itu unik dan tidak polos seperti umumnya cincin kawin. Dan cincin itu bukan buatan Amerika melainkan Indonesia, negara Muslim yang kemudian sering dikait-kaitkan orang bahwa Obama adalah penganut Islam.

Tiga pekan lagi Obama harus bertarung dengan Mitt Romney untuk menjadi presiden AS periode selanjutnya. Cerita cincin kawin ini dihembuskan oleh seorang pria yang anti-Obama. Silahkan terka sendiri apa motif dibalik mencuatnya berita ini.[GM]

baca berita sebelumnya di sahabat stars

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s