Rohingya Disalahkan Atas Kerusuhan Agama di Bangladesh

Bangladesh menuduh pengungsi Rohingya dari Burma  pada Senin 1 Oktober  terlibat dalam serangan terhadap kuil Buddha dan rumah-rumah setelah penerbitan foto yang dianggap menyinggung Islam.

“Serangan terhadap kuil dan rumah-rumah di daerah Buddha di Ramu dan daerah tetangga di Cox Bazar (distrik) yang dilakukan oleh orang Islam,” kata Menteri Dalam Negeri Mohiuddin Khan Alamgir kepada wartawan di Dhaka, Reuters melaporkan, sebagaimana dilansir onislam.net

“Rohingya dan lawan politik pemerintah juga terlibat dalam serangan.”

Kerusuhan mengguncang selatan Bangladesh pada hari Minggu setelah seorang Buddha memposting foto Al Qur’an dibakar di Facebook. Marah dengan foto, ribuan Muslim Bangladesh  menyerang kuil Buddha dan rumah-rumah di daerah selatan. Belasan kuil dan biara dan setidaknya 50 rumah dibakar dalam kerusuhan ini. Polisi mengatakan kekerasan menyebar ke pelabuhan Chittagong, di mana setidaknya dua kuil yang dirusak.

Polisi mengatakan mereka menahan hampir 170 orang atas dugaan perusakan dan atas kekerasan.

“Situasi sudah terkendali sejak hari Minggu tapi kami menambahkan kekuatan ke daerah-daerah rentan untuk memastikan kondisi tetap damai,” kata Serajul Haque Khan, pimpinan wilayah  Chittagong.

Kekerasan adalah salah satu serangan sektarian terburuk di Bangladesh dalam beberapa dekade. Buddha membentuk kurang dari satu persen dari 153 juta penduduk Bangladesh dan berada terutama di wilayah tenggara, dekat dengan perbatasan dengan mayoritas Buddha Myanmar. Bangladesh yang 90 persen penduduknya adalah muslim, kerap terjadi persinggungan antar penduduk, terutama dari kelompok Hindu pada masa lalu, namun jarang melibatkan kelompok Buddha.  [MD]

ket gambar: pengungsi Muslim Rohingya yang terlunta lunta

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s