Alhamdulillah.. Sekolah di Filipina Cabut Larangan Jilbab

Mendapatkan penentangan keras, sebuah sekolah Katolik Filipina telah membatalkan keputusan sebelumnya untuk melarang jilbab  di lingkungan sekolahnya karena alasan menghormati kebebasan beragama mahasiswa Muslim.

“Membiarkan siswa wanita muslim untuk mengenakan jilbab adalah bukan keputusan yang mudah atau cepat,” kata Anne Piccio, kepala sekolah kejuruan administrasi dan bisnis tersebut, kepada The Philippine Daily Inquirer pada hari Selasa, 18 September, sebagaimana dilansir onislam.net.

Dia mengatakan keputusan itu buah dari serangkaian konsultasi dengan semua pemangku kepentingan selam satu bulan.

Pilar College di Mindanao sebelumnya melarang para siswi Muslim mengenakan jilbab di lingkungan sekolah. Meskipun dewan kota telah mengeluarkan sebuah resolusi yang mempertanyakan kebijakan, sekolah Katolik yang merupakan salah satu lembaga akademi tertua di Mindanao Barat, bersikukuf melakukan pelarangan.

Tapi larangan itu menarik kecaman dari Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF) yang mengkritik kebijakan sekolah pada jilbab. Larangan jilbab juga mendapatkan dukngan dari pembela hak asasi manusia karena melanggar hak siswa Muslim untuk mempraktekkan agama, termasuk dari Philippine Alliance of Human Rights Advocates (PAHRA). Aktivis juga menyerukan kampanye online untuk mengumpulkan satu juta tanda tangan untuk memboikot sekolah itu.

Sebagai tanggapan, sekolah membatalkan larangan tersebut, memungkinkan siswa Muslim untuk mengenakan jilbab pada bulan Juni 2013. Namun sekolah tetap memberlakukan larangan pada pemakaian cadar. Pejabat sekolah mengatakan bahwa mereka sangat antusias untuk terlibat dalam dialog dengan umat Islam untuk mengakhiri perselisihan tentang jilbab di sekolah mereka.

“Sementara pimpinan sekolah telah memutuskan untuk mengizinkan pemakaian jilbab, tidak semua orang tua dan siswa, dan bahkan staf,  setuju,” kata Piccio.

Islam yang mencapai Mindanao di Filipina pada abad ke-13 sekitar 200 tahun sebelum Kristen datang, adalah rumah bagi lebih dari 5 juta Muslim.[MD]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s