TV Inggris Berbohong Dalam Sejarah Islam

tv inggris menghina islamSebuah program acara baru stasiun televisi Inggris dalam mengupas sejarah Islam memicu kontroversi yang panas di Inggris. Penulis stasiun televisi Inggris tersebut dituduh mengabaikan berbagai bukti sejarah mengenai asal usul agama Islam.

“Tom Holland tampaknya telah menututp mata terhadap tradisi sejarah Islam yang kaya,” kata Akademisi Pendidikan dan Riset Islam, dipaparkan dalam makalah panjang yang dikutip oleh Daily Mail, ahad (02/09).

Ditulis oleh sejarawan Tom Holland, sebuah program baru tentang sejarah Islam disiarkan pekan lalu di Channel 4, Inggris.

Program ini bertema “Islam: Kita Tak Terungkap” yang menunjukkan sebuah ekspedisi bergaya layaknya Indiana Jones, menipu situasi Jazirah Arab, dan berbicara dengan Badui lokal yang tak mengerti Islam serta meneliti beberapa artefak tentang asal-usul Islam.

Penulis, Tom Holland. Menyimpulkan bahwa Nabi Muhammad Saw, kemungkinan tidak pernah datang dari Makkah, dan mengklaim bahwa Al Quran membuat referensi yang sedikit mengenai Makkah.

Tom Holland juga mempertayakan apakah Islam benar-benar ada sebagai iman, selama pemerintahan Nabi Muhammad Saw.

Hingga program tersebut memicu kontroversi dan reaksi kemarahan, para pengguna twitter banyak yang menuduh bahwa penulis Inggris tersebut berusaha untuk mengaburkan dan menghancurkan sejarah Islam.

Pengguna yang lainnya menuduh bahwa Holland menjadi seorang yang bodoh karena berusaha menunjukkan Islam dengan cara yang tida sesuai dengan fakta sejarah Islam.

Hingga sedikitanya 550 pengaduan kepada badan regulasi Ofcom dan Channel 4.

Walaupun begitu, sebenarnya ini bukan bukan tayangan pertama TV Inggris yang memicu kontroversi.

Pekan lalu sebuah acara komedi yang diproduksi oleh BBC juga menyebabkan kontroversi yang panas pada kalangan umat Islam di Inggris. Acara komendi BBC tersebut menunjukkan acara mengejek dan menghina Islam.

Sebuah riset terbaru dari pemerintah Inggris menemukan bahwa berbagai upaya cerita negatif dan ketidakseimbangan informasi dalam media Inggris terhadap Agama Islam. Media Inggris seringkali melakukan informasi yang menyimpang jauh dari ajaran Islam dan tampak tengah menjelekkan agama Islam dan minoritas Muslim. Hingga membuat opini bahwa Muslim adalah musuh dan bahaya serta ancaman.

Riset sebelumnya juga terdapat bahwa media dan industri film menyebarkan Islamofobia dan prasangka negatif dengan memberikan kesan bahwa Islam itu identik dengan teroris atau kekerasan, dan merupakan sebagai bahaya yang mengancam.[SN]

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s